Lebih Cepat Push Rank ke Mythic Kalau Solo atau Party? Ini Rahasianya!

Kesulitan naik ke Mythic atau Mythical Glory rank di Mobile Legends (ML)? Mau tau formula apa yang bisa membantu kalian mencapai target tersebut?

Tips yang akan kami berikan tidak jauh dari pertimbangan apakah kalian sebaiknya bermain Solo, Duo, Trio, Party 4, atau Full Party untuk push rank ke Mythic.

Namun setiap pilihan ada pro dan kontra nya yang akan kami jabarkan dengan detil. Jadi kalian dapat berkaca dengan situasi kalian dan memilih formula apakah yang paling cocok supaya kalian bisa cepat ke Mythic.

Solo (Party Sendirian)

Bermain Solo merupakan gambling yang sangat tinggi. Karena kalian harus bertaruh bahwa ke 4 player kalian dapat bermain dengan baik. Kalian sebaiknya bermain solo apabila kalian memenuhi 3 syarat dibawah ini:

  • Memiliki 1 hero power yang bisa menggendong tim. Baik itu di posisi Jungler, Midlaner Support atau Sidelane Gold. Karena di posisi Tank Roaming atau Offlaner EXP biasanya akan sulit menggendong tim biarpun sudah bermain sebagus mungkin. Memiliki hero power berarti memiliki match yang banyak dan winrate tinggi untuk hero tesrsebut sehingga besar kemungkinan player solo lain akan membiarkan anda untuk mendapatkan hero dan role tersebut.
  • Win-rate rank dibawah 60%. Ada algoritma matchmaking dimana player dengan winrate tinggi akan disatukan dengan winrate rendah untuk balancing power. Karena itu jika winrate kalian diatas 60% bisa-bisa kalian digabung dengan player winrate dibawah 50% yang kemungkinan tidak sejago kalian dalam bermain.
  • Tidak sedang dalam kondisi Win Streak. Lagi-lagi algoritma dari Mobile Legends yang bakal ngegabungin player dengan win streak dan lose streak supaya mencapai keseimbangan. Ketika kalian sedang dalam win streak terus menerus, kalian bisa saja disatukan dengan pemain yang sudah lose streak berkali-kali juga.

Namun ketiga formula diatas belum tentu mutlak karena tetap saja ada faktor lain yang tidak bisa dibuat algoritma seperti ego, perilaku, dan mental pemain. Karena itu buat kalian yang ingin sering-sering main solo, pastikan kalian tidak memiliki ego tinggi, berperilaku baik, dan tidak sedang dalam mental down agar kalian bisa memiliki pengalaman bermain yang baik di solo rank.

Buat kalian yang terpaksa main solo, kalian bisa lihat list hero Solo terbaik yang bisa kalian pakai untuk solo rank push ke mythic. Namun kalau bisa party, kenapa harus solo buat push rank ke Mythic?

Duo (Party 2 Orang)


Diamond MLBB Murah


Duo memiliki resiko yang tidak kalah tinggi nya dengan solo. Ketika kalian sedang party dua orang, kalian akan digabung dengan Trio (party 3 orang) atau 3 Solo. Meskipun kalian dan teman kalian jago bermain pun, kalian tetap memiliki resiko dengan 3 player lain tersebut.

Langkah pertama yang kalian lakukan saat bermain Duo adalah dengan chat dan bertanya apakah ketiga pemain tersebut adalah Trio atau 3 Solo.

Ketika team kalian ada Trio, lebih baik kalian memberi kesempatan kepada mereka mengisi midlane (roam, support, dan jungle) karena besar kemungkinan mereka sudah memiliki chemistry yang baik daripada bermain bersama kalian.

Ketika sisa dari team kalian adalah 3 Solo, lebih baik kalian lah yang mengambil posisi midlane (ambil 2 role antara roamer, support, dan jungler sesuai keahlian kalian).

Trio (Party 3 Orang)

Trio party bertiga, merupakan alternatif ideal ketika kalian sedang tidak party berlima.

Hal ini dikarenakan kalian bisa mengambil midlane dengan dengan 2 teammate kalian yang sudah sering main bareng (mabar). Midlane yang kuat dan kompak merupakan salah satu faktor terbesar untuk memenangkan game Mobile Legends. Kalian bisa bersinergi bersama dengan baik untuk roaming ke sidelane, mengambil objective turtle, push turret, dan memenangkan teamfight.

Sedangkan kedua player lainnya bisa jadi adalah 2 Solo atau party Duo. Karena itu sebaiknya kalian meminta mereka untuk bermain di Gold dan EXP lane saja.

Namun kalian harus tetap memprioritaskan role dari player tersebut masing-masing. Kalau memang player solo tersebut tidak bisa bermain offlane tetapi kalian bisa, jangan tetap maksa player tersebut untuk menjadi offlaner jika kalian tidak ingin mereka bermain buruk dan membuat mental kalian juga jadi down.

BACA JUGA: User Jungler di Mobile Legends Jangan Lakukan 3 Hal Ini!

Party 4 Orang

Sayang sekali party 4 orang tidak dapat dilakukan di Mobile Legends. Karena itu jika kalian hanya memiliki 3 orang teman mabar, terpaksa harus meng recruit 1 player random. Hal ini sangat tidak ideal karena 2 hal:

  • 1 player tersebut kemungkinan tidak nyambung bermain dengan party kalian yang sudah klop
  • Kalian akan ketemu party 5 orang full

Karena kedua faktor diatas, kemungkinan besar kalian akan tidak diunggulkan dan dapat menuai kekalahan. Karena itu party 4 orang merupakan party set yang paling SPIN Esports anjurkan untuk dijauhi. Kalian sebaiknya hanya memaksakan party 4 orang apabila memang ke 4 player sudah sering mabar dan kompak sehingga resiko 1 orang random bermain buruk tidak akan terlalu berpengaruh.

Sama seperti tips diatas, jangan lupa untuk menanyakan role dan hero yang biasa 1 orang random ini mainkan. Pastikan kalian mengalah dan menyuruh player tersebut memilih comfort pick nya supaya setidaknya ia dapat bermain sebaik mungkin dan mood team akan lebih positif.

Full Party (Party 5 Orang)

Ini adalah yang paling kami rekomendasikan supaya kalian bisa naik ke Mythic! Namun dengan syarat:

  • Party 5 orang ini sudah sering bermain di ranked bersama, untuk menjamin chemistry tinggi.
  • Party 5 orang sudah memiliki role yang saling mengisi satu sama lain. Jangan sampai bermain dengan party 5 orang yang tidak bisa role Jungler misalnya.
  • Party 5 orang memiliki in game leader (IGL) yang dapat memikirkan draft dan strategi permainan. Ia juga bisa menjadi shoutcaller untuk memberi arahan pada saat permainan berlangsung. Idealnya, IGL ini diserahkan terhadap role Roaming/Tank yang memang perlu makro skill yang tinggi.

Dengan party 5 yang kompak, akan sangat mudah untuk kalian mencapai Mythic rank! Jadi lebih mending solo atau party ke Mythic? Lagi-lagi itu sesuai situasi kalian.

Kalau kalian belum punya teman mabar, jangan lupa untuk bergabung dengan WA Mabar Grup SPIN Esports ya (cepat sebelum full)! Disini kita semua sangat aktif mabar setiap harinya dan siapa tau kalian bisa ketemu teman mabar yang cocok, daripada harus stres solo terus.

BACA JUGA: Fitur Baru Mobile Legends, Bikin Storage Jadi Lebih Ringan!

Jangan lupa kunjungi SPIN Website untuk update terbaru lainnya, dan ikuti Instagram dan Youtube kita.

10 Hero Marksman Mobile Legends Terkuat di Late Game!

Geoffrey James (Clipt)
Penulis di SPIN Esports yang fokus dalam meng cover game Mobile Legends. Dimulai dari sisi esports, bisnis, analisa, tips dan pembahasan meta.
Diamond MLBB Murah

Artikel Pilihan

Artikel Terbaru