Strategi, Hero & Item Counter Meta Hero Ngendok Bush. Gak Usah Takut!

Meta ML Mobile Legends lagi-lagi berevolusi dengan unik di season 21 ini. Sejak Eudora masuk meta, ia membuat gameplay ngendok culik dari bush menjadi sangat mengerikan. Meta bush ganking ini membuat Eudora menjadi langganan ban di mode rank MLBB sampai-sampai ia mendapatkan nerf untuk damage nya.

Namun ketika Eudora sudah di nerf, banyak hero-hero mirip lainnya yang menjadi alternatif meta culik dari bush seperti Saber, Kaja, Aurora, Kadita, dan Harley. Hero-hero ini memiliki karakter yang sama dengan Eudora, yaitu mereka memiliki burst damage instan yang dapat melenyapkan hero empuk lawan dengan sekali kombo.

Hal ini menyebabkan banyak pemain ketakutan saat map sedang gelap karena hero-hero tersebut bisa muncul kapan saja dan merenggut nyawa mereka. Namun jangan kawatir, setiap meta itu pasti ada counternya. Disini SPIN Esports akan memberikan tips dari sisi strategi, hero, dan item yang baik dalam meng counter meta ngendok bush MLBB yang sedang viral.

1. Gunakan Hero Jungler yang Tebal

Hero OP War Axe (X Borg)
source: uhdpaper.com

Incaran utama dari meta 1 hit ini adalah hero jungler. Karena itu gunakan hero jungle yang tidak bisa di instan kill oleh hero-hero culik tersebut. Kami menyarankan kalian memakai hero tebal seperti XBorg, Alpha, dan Sun yang merupakan Fighter yang cocok menjadi jungler. Hal ini membuat hero jungler kalian tidak bisa dibunuh dengan sekali kombo.

2. Gunakan Roamer yang Bisa Membuka Map

Sumber: Mobile Legends Adventure Facebook

Biasanya hero-hero culik tersebut akan bersembunyi di bush untuk meng ambush hero core lawan yang sedang melewat. Karena itu penting sekali untuk memiliki roamer di tim kalian yang dapat membantu membuka vision di area bush yang dekat dengan hero empuk tersebut.

Hero tank seperti Tigreal, Akai, Khufra, dan Jawhead adalah hero-hero yang tidak dapat di kill dengan sekali burst, karena itu mereka dapat ditugaskan untuk membuka bush di sekitar hero jungler sehingga ketika ada hero yang sedang ngendok akan langsung ketahuan.


Diamond MLBB Murah


Roamer yang dapat membuka map dengan skill-skill mereka juga cocok untuk menemukan hero yang sedang ngendok di bush. Hero seperti Popol Kupa, Selena, Rafaela, Nana, Kagura dan Mathilda memiliki skill untuk membuka vision di area bush tanpa harus menginjaknya. Dengan ini musuh yang sedang mengumpat akan langsung terlihat dan kalian dapat membunuhnya.

3. Gunakan Hero Bergerombol

Estes Mobile Legends
Foto via fourty games

Biasanya hero-hero ngedok tukang culik akan mengincar hero-hero yang suka farming dan buka map sendirian. Sehingga kalian bisa menggunakan strategi bergerombol ketika push dan mengambil objektif.

Hero tukang culik akan tidak efektif saat melawan musuh beramai-ramai karena belum tentu bisa nge burst lawannya dan alih-alih malah mereka yang mati. Hero-hero bergerombol teamfight terbaik adalah Estes, Mathilda, Tigreal, X-Borg, dan Esmeralda.

4. Bikin Item Anti Burst Damage

Source Mobile Legend : Bang Bang

Ketika kalian merupakan seorang support atau jungler, biasanya kalian akan menjadi target utama dari hero-hero culik tersebut. Karena itu kalian wajib untuk membeli setidaknya 1-2 item defense untuk mencegah mati konyol karena terculik dan di burst.

Ketika melawan hero physical burst seperti Saber, kalian bisa membeli item seperti Antique Cuiras (armor tebal + 30% physical damage reduction), Wind of Nature WON (immune dari physical damage selama 2 detik), dan Immortal (hidup lagi setelah di kill).

Ketika melawan hero magic burst seperti Kaja, Harley dan Eudora kalian bisa membeli item Athena Shield (shield + 25% matical damage reduction), Winter Truncheon (immune dari damage apapun selama 2 detik), dan Radiant Armor (magic defense tebal + tambahan dari damage terus-menerus). Dengan item-item ini dijamin meskipun kalian hero empuk, kalian bisa selamat dari burst damage hero-hero tukang culik ini.

5. Ban Hero-hero Tersebut

Kaja hero OP ML gak laku

Ini adalah strategi yang paling mudah untuk di eksekusi. Namun hal ini tidak selalu dapat kalian lakukan karena ketika kalian ban hero-hero burst, maka hero-hero OP lainnya seperti XBorg, Sun, Yve, dan Alice akan lepas dan malah di pick oleh hero lawan. Karena itu hanya gunakan strategi ini ketika kalian memang tidak berencana untuk menggunakan ke 4 strategi diatas.

Meta hero ngendok dan culik dari bush ini memang sedang sangat haram dan efektif ketika dipakai di rank. Hal ini disebabkan karena banyak player rank yang masih sering bermain egois sendirian yang membuatnya menjadi target empuk dari hero-hero tukang culik ini. Kalian bisa menonton video dibawah ini untuk pembahasan lanjutan mengenai cara meng counter meta hero culik bush.

BACA JUGA:

Inilah tips strategi, hero, dan item Mobile Legends ML yang cocok untuk meng counter meta hero ngendok dan nyulik dari bush. Jangan lupa kunjungi SPIN Website untuk update terbaru lainnya, dan ikuti Instagram dan Youtube kita.

7 Hero Midlaner Terbaik Mobile Legends Season 21, Auto Menang!

Geoffrey James (Clipt)
Penulis di SPIN Esports yang fokus dalam meng cover game Mobile Legends. Dimulai dari sisi esports, bisnis, analisa, tips dan pembahasan meta.
Diamond MLBB Murah

Artikel Pilihan

Artikel Terbaru